WIRAUSAHA

Published Oktober 8, 2014 by farahisna

Ketika akan membuka usaha, Halfi mengalami pengalaman yang menarik. Bermula dari kecelakaan mobil yang mengharuskan dia untuk mengganti uang yang dikumpulkan mahasiwa yang ketika kecelakaan itu diambil warga. Karena tidak tahu bagaimana mengganti uang tersebut, Halfi memutuskan untuk membuka usaha. Mulanya ia mencoba membuka bisnis kaos tapi malah merambah ke usaha makanan yang ia beri nama”BLACK BURGER” yang sekarang setiap bulannya meraup untung 60 juta.

McDonald’s dan Burger King adalah contoh dari pelaku asing pendiri usaha makanan siap saji Burger. Karena burger adalah salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Inilah alasan Halfi mengapa dia mendirikan Black Burger. Dia juga membuat perubahan pada burger yang dikelolanya agar siap bersaing dengan pelaku asing.

Namanya saja Black Burger, sudah pasti rotinya berwarna hitam. Warna hitam ini berasal dari pewarna alami yaitu buah kluwek. Inilah yang menjadi pembeda dari burger-burger lain. Yang membedakan lagi adalah rasa daging yang diberi cabe rawit dan daun jeruk yang khas Indonesia.

Bisnis yang digeluti halfi ketika berada di semester 7 Fakultas Komunikasi Unpad tepatnya pada tahun 2010 lalu. Kini sudah memiliki 28 varian burger dengan 3 macam rasa : hot, manis, original dan memiliki 2 outlet. Harga per potong dari Black Burger itu sendiri dari Rp.12.000 hingga Rp.30.000. Halfi juga menambah varian burger dari tempe dan nasi untuk para pelanggan yang vegetarian. Ada 5 karyawan yang dipekerjakan Halfi di 2 outletnya di bandung.

Dulu dia juga membuka outlet didaerah bogor, tapi karena penjualan kurang baik akhirnya ditutup. 2 Outlet yang dimiliki oleh Halfi di daerah Bandung menghasilkan keuntungan hingga 20-60 juta perbulan. Kesuksesan yang Halfi peroleh tidak lepas dari sebuah kendala. Ia pernah tertipu oleh rekan kerjanya sendiri. Baginya ini bukanlah masalah materi akan tetapi ini merupakan ide yang dicuri. Pengalaman yang membuat Halfi sekarang lebih berhati-hati dalam memilih mitra kerja. Sebelum membentuk kerjasama ia mengadakan perjanjian terlebih dahulu. Harapan Halfi ke depan adalah ingin jadi competitor kuat di Burger King dan McD, Mimpi di Indonesia.

referensi :
http://harrysutanto.com/success/kisah-orang-sukses-di-indonesia-pengusaha-black-burger-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: