Resensi Film ” Captain philips”

Published Desember 7, 2013 by farahisna

cover captain philip

 

 

Richard Phillips (Tom Hanks) merupakan kapten kapal pengangkut barang Maersk Alabama.  Ia ditugaskan untuk mengantar barang yang berupa bantuan makanan ke Mombasa. Diperjalanan ia diikuti oleh 2 kapal kecil bajak laut Somalia, namun dengan akal dan pengalaman yang dimiliki ia berhasil mengelabui para bajak laut Somalia tersebut. Namun keesokan harinya para bajak laut itu kembali mencoba untuk membajak kapal yang dipimpin oleh kapten Philips. Memanfaatkan kerusakaan yang terjadi di kapal Maersk Alabama para bajak laut Somalia berhasil mencapai kapal. Karena Maersk Alabama hanya berisikan awak kapal tanpa ada satupun penjaga bersenjata, maka dengan mudah kapal itupun jatuh ke tangan para pembajak. Para pembajak itupun meminta uang sebesar $50.000 namun sang kapten berkata bahwa mereka tidak mempunyai uang sebanyak itu. Dengan ancaman yang diberikan oleh para pembajak yang menanyakan kemana awak kapal lain yang sebelumnya sudah diberikan instruksi oleh sang kapten untuk bersembunyi, akhirnya sang kapten mengajak berkeliling kapal untuk membuktikan bahwa tidak ada awak lain. Namun dengan kerja sama yang baik dari para awak kapal, banyak jebakan yang dibuat membuat pembajak menjadi panik, namun tidak hanya itu, para awak kapal mampu menyandera dan melakukan pertukaran dengan sang kapten. Namun dengan keceerdikan yang dimiliki oleh pembajak Somalia, sang kapten pun diculik oleh mereka. Berhari hari lamanya sang kapten menjadi sandera dan terapung di lautan, setelah jarak hanya beberapa km lagi menuju Somalia maka bantuan pun datang. Bantuan pertama adalah angkatan laut Amerika, yang mencoba bernegosiasi secara baik-baik untuk mendapatkan sang kapten, namun rencanapun gagal. Akhirnya bantuan kedua pun datang yaitu para pasukan SEAL amerika, dengan negosiasi sekaligus mereka mencoba mencari tahu keberadaan sang kapten. Namun keberaadaan kapten terancam setelah para pembajak mulai melakukan kekerasan, dan melontarkan berbagai macam tembakan. Akhirnya para sniper yang ditugaskan untuk mengeksekusi sang pembajak turun tangan, satu, dua dan tiga tembakan dilepaskan dan para bajak laut itu pun mati satu persatu. Akhirnya sang kapten berhasil diselamatkan.

 

 

PEMERAN :

Tom Hanks sebagai Captain Richard Phillips

Catherine Keener sebagai Andrea Phillips

Barkhad Abdi sebagai Abduwali Muse

Barkhad Abdirakhman sebagai Bilal

Faysal Ahmed sebagai Najee

Mahat.M Alee sebagai Elmi

Michael Chemus as Shane Murphy

David Warshovsky sebagai Mike Perry

SUTRADARA

PAUL GREENGRASS

 

KELEBIHAN FILM

Merupakan film yang menegangkan dan mempunyai alur cerita yang jelas, tidak berbelit belit dan mampu dengan mudah diterima oleh penonton. Banyak juga hal positif yang dipetik di film ini bagaimana kerjasama para awak dan bagaimana kepercayaan yang diberikan.

KEKURANGAN FILM

Didalam film ini banyak tindak kekerasan yang dilakukan oleh para bajak laut , dan banyak juga perkataan yang dilontarkan merupakan caci maki.

PENILAIAN PRIBADI

Menurut saya film ini sangat menarik dan menegangkan,  dan membuat penonton ingin terus menonton berulang kali. Disini juga dapat dipelajari bagaimana sikap seorang kapten seharusnya tanpa perlu mencelakai para awak dan mencapai kesepakatan atau hasil yang menguntungkan. Film ini merupakan film recommended buat para pecinta film. Karena banyak hal yang dipetik dan juga dapat menambah wawasan yang sebelumnya saya pribadi tidak tau mengenai perompak Somalia sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: