JIKA SAYA MENJADI MENTERI KOPERASI

Published Oktober 16, 2012 by farahisna

 

Menjadi seorang Menteri memang tidak mudah terlebih lagi menjadi Menteri Koperasi. Ditambah lagi dengan masalah yang tengah dihadapi Koperasi saat ini. membuat Koperasi lebih baik lagi dari sebelumnya. Namun sebelum kita membahas ini lebih jauh lagi, ada baiknya jika kita mengenal Koperasi terlebih dahulu. Seperti yang kalia ketahui, Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Dari pengertian tersebut kita dapat mengetahui apa yang menjadi tujuan utama koperasi. Koperasi didirikan dengan tujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan koperasi.

Seandainya saya jadi menteri koperasi, saya akan memajukan koperasi di Indonesia. Baik di nasional maupun dunia. Menjadikan koperasi sebagai salah satu alat yang turut serta membantu dan berperan sangat besar bagi perekonomian di Indonesia.  Saya akan mencari ataupun mempelajari masalah di dalam tubuh koperasi di Indonesia secara lebih mendetail. Mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Mempelajari bagaimana koperasi-koperasi yang ada di Negara Negara maju bisa berjalan maju. Apabila itu terjadi akibat dari kesalahn manusianya, saya akan segera mencari pengganti dari badan ataupun pengurus yang mengatur koperasi tersebut, apabila terjadi kesalahan di dalam salah satu koperasi daerah, dengan tegas saya akan memberikan hukuman ataupun bahkan bisa menghapuskan koperasi tersebut di dalam daftar koperasi legal yang ada di Indonesia.

Membuat larangan yang tegas bagi seluruh koperasi di Indonesia, agar memiliki surat legalitas untuk mendirikan koperasi tersebut. Apabila ditemukan ada koperasi yang berdiri secara illegal, maka dengan tegas koperasi tersebut harus ditutup.

Seperti yang ada saat ini, pemerintah kurang peduli terhadap koperasi di Indonesia terutama koperasi perkebunan. Apabila saya menjadi menteri koperasisaya akan memajukan koperasi perkebunan, dengan memanfaatkan hasil kebun yang dimiliki Indonesia agar tidak disalahgunakan oleh masyarakat asing yang mengklaim ataupun bisa membeli dengan harga yang murah sumber daya tersebut. Namun saya akan memberikan harga yang cukup tinggi untuk kegiatan ekspor ataupun penggunaan sumber daya tersebut oleh pihak asing, dan memberikan harga yang relative lebih murah kepada produsen dalam negeri.

Sayapun akan mengajukan pendapat, bahwasanya seharusnya kegiatan ekspor atau penggunaan hasil sumber daya di Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat asing harus dikenakan pajak sebesar besarnya, agar mereka tidak dengan mudah mengeksploitasi sumber daya tersebut, begitupula dengan masyarakat indonesianya sendiri.

            Masalah yang dihadapi koperasi saat ini yaitu kepengurusan koperasi. Setelah berhasil mengembalikkan kepercayaan para anggota, kita harus menyusun siasat yang kedua yaitu memperbaiki kepengurusan koperasi. Koperasi memiliki beberapa bahkan sebagian besar pengurus yang telah lanjut usia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kapasitas kerja yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan integritas koperasi itu sendiri. Tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk merefresh kepengurusan koperasi adalah dengan merekrut kaum-kaum muda yang memiliki integritas dan pemikiran yang luas sehingga dapat meningkatkan kinerja dan integritas koperasi. Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah cara pandang mereka untuk mendirikan dan memajukan koperasi dengan berasaskan kebersamaan dan gotong royong.

            Masalah lain dalam kepengurusan koperasi adalah pengurus yang memiliki rangkap jabatan. Selain menjadi pengurus koperasi mereka juga merupakan tokoh dalam masyarakat. Hal ini harus sangat-sangat diperhatikan. Jika seorang pengurus koperasi memiliki rangkap jabatan, maka pemikiran mereka terpecah menjadi dua. Hal itu juga dapat menyebabkan perhatian mereka terhadap pengelolaan koperasi berkurang sehingga dapat terbengkalai dan tidak terurus. Tindakan yang harus dilakukan adalah dengan memberikan kelonggaran kepada mereka untuk memilih pekerjaan mana yang akan tetap mereka jalani agar pekerjaan yang nantinya akan kita jalani dapat berjalan dengan baik dan mendapat perhatian penuh.

            Saingan dari pihak luar yang kini semakin banyak, dapat membuat mitra koperasi redup dan kurang diminati lagi oleh masyarakat. Promosi dan sosialisasi yang cukup dapat membantu memulihkan mitra koperasi. Kita dapat melakukan promosi melalui media massa baik pamflet maupun media online. Jika dirasa kurang, kita dapat terjun ke langsung ke lapangan agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Produk yang dihasilkan oleh koperasi juga perlu disosialisasikan, supaya tidak kalah terkenal dengan produk luar negeri.

            Hal selanjutnya yang cukup penting dalam membuat koperasi lebih maju adalah dengan mengubah konsep koperasi yang terdahulu dengan konsep koperasi yang baru. Bisa dilihat saat ini, fungsi koperasi tidak berjalan dengan baik. Hal itu disebabkan karena sampai saat ini koperasi masih menggunakan konsep terdahulu. Kondisi koperasi saat ini memang sangat memprihatinkan. Jika kita tidak bertindak cepat dan tegas, bisa-bisa koperasi hanya tinggal nama saja. Bila ditelurusi lebih jauh lagi, masalah utama dalam koperasi saat ini memang terletak pada konsep yang sudah usang.

            Terlebih kurang tegasnya pemerintah terhadap oknum oknum yang melakukan penipuan mengatas namakan koperasi. Itu juga merupakan salah satu factor yang membuat nama baik koperasi menjadi tercoreng. Mengapa? Karena sesungguhnya, koperasi merupakan alat untuk membantu masyarakat yang menjadi anggotanya menuju kesejahteraan, namun dengan adanya oknum oknum ini malah membuat masyarakat menjadi menderita, dengan melakukan penipuan jikalau anggota menginvestasi sebesar sekian juta maka dalam waktu yang singkat akan mendapatkan timbale balik berupa uang sebesar 2x lipat dari investasi awal. Dan bahkan, apabila setiap bulan kita bisa menginvestasi kemungkinan bahwa anggota tersebut mendapatkan timbal balik berkali-kali lipat banyakpun semakin gencar ditawarkan.

            Hal ini kembali lagi kepada anggota, bisakah mereka membedakan ataupun menjadi pintar untuk memilih manakah yang merupakan koperasi yang legal maupun illegal. Jadi jangan menilai dari berapa banyakkah uang kembali yang akan kita dapatkan setelah kita menabung atau berinvestasi ke koperasi tersebut, tetapi bagaimana kualitas dari koperasi dan pengurus-pengurus dari koperasi tersebut. Apakah mereka termasuk koperasi yang memiliki akreditasi baik ataupun tidak.

Dan saya akan merumuskan kebijakan pemerintah di bidang pembinaan koperasi dan usaha kecil menengah. Kebijakan yang dirumuskan mengandung asprasi masyarakat dan mencari jalan keluar  untuk memberikan apa yang diinginkan masyarakat dalam usaha. Melalukan pembinaan yang rutin sehingga masyarakat mengerti dan melaksanaan kegiatan sesuai dengan pembinaan yang diterapkan dalam masyarakat.

Sayapun akan memantau grafik perkembangan koperasi-koperasi secara rutin setiap bulan ataupun tahunnya, mendata, dan mempelajari apakah terjadi masalah di dalam koperasi tersebut, ataukah mendapatkan kenaikan berarti, dan hal apakah yang menyebabkan kenaikan tersebut.

Meningkatkan peran serta masyarakat dibidang koperasi dan usaha kecil menengah. Untuk meningkatkan peran masyarakat saya akan mengadakan pembinaan sehingga masyarakat mengetahui fungsi dan keuntungan dalam koperasi dan mempercayai koperasi dalam usaha kecil menengah.

Mengkoordinasikan kegiatan operasional lembaga pengembangan sumber daya ekonomi rakyat. Dan saya akan terjun langsung, karena ini merupakan factor yang sangat penting di dalam koperasi. Apabila hal ini berjalan lancar, maka rakyatpun akan menaruh kepercayaan besar, karena apa yang telah dilakukan berdampak besar terhadap kesejahteraan rakyat.

Menyampaikan laporan hasil evaluasi , saran dan pertimbangan dibidang tugas dan fungsinya secara jelas dan terperinci kepada dewan-dewan atasan maupun presiden. Dan memberikan penjelasan apakah koperasi ini berjalan atau tidak.

Saya juga akan menjadikan KUD sebagai kekuatan ekonomi yang dapat diandalkan. Karena sudah menjadi kewajiban bagi lembaganya menjadikan KUD ikon koperasi yang beranggotakan dari kalangan masyarakat desa sehingga pandangan buruk terhadap lembaga itu bisa diperbaiki. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi jumlah KUD yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Dan saya akan mengidentifikasikan KUD dengan nama dan tempat dimana koperasi tersebut berada. Dan saya juga akan menghimbau kepada pengurus KUD untuk melakukan evaluasi diri.

Selain itu saya juga harus mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan threats, hal ini adalah hal yang sangat berpengaruh apabila digunakan untuk mengidentifikasi permaslahan di tubuh koperasi. Melakukan perbaikan secara internal dan ketika semua sudah berjalan normal maka dari sanalah baru melakukan perbaikan secara eksternal.

Saya pribadi berharap koperasi dapat lebih baik lagi dari sebelumnya dan saat ini. Harapan selanjutnya adalah agar produk-produk yang dihasilkan koperasi juga dapat diminati masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan keuntungan untuk koperasi. Selain untuk meningkatkan keuntungan koperasi, produk-produk yang diminati masyarakat dapat mendongkrak pendapatan dalam negeri, juga dapat mengurangi rasa ketertarikan konsumen terhadap produk-produk impor.

            Dalam hal ini saya akan menjadi menteri koperasi yang bertanggung jawab dan sungguh-sungguh dalam menjalankan tugas untuk membangun koperasi dan usaha kecil rakyat. Dan akan bersungguh-sungguh menjalankan tugas yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: