Bagaimana Cara Mensosialisasikan Koperasi Ke Masyarakat

Published November 6, 2012 by farahisna

 

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kurangnya pengenalan koperasi kepada masyarakat, terutama masyarakat yang hidup didaerah pedesaan yang jauh dari daerah perkotaan. Caranya yaitu dengan lebih intensif memperkenalkan koperasi itu sendiri. Seperti apa koperasi itu ? tujuannya apa ? apa yang akan diperoleh ketika bergabung dengan koperasi? Apakah benar akan membuat kesejahteraan masyarakat terjamin? Hal-hal seperti itulah yang seharusnya lebih diperkenalkan secara mendetail. Mengapa hal ini perlu dilakukan ? agar masyarakat dapat mengenal koperasi secara mendalam. Baik pengertian, tujuan dan maksud, konsep serta planning atau rencana koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tentunya tidak akan ragu untuk berinteraksi dengan koperasi, baik dalam hal pinjam-meminjam uang bahkan sampai pembelian produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi.

Hal ini akan berdampak positif, selain akan menambah penghasilan koperasi, koperasi juga akan mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakat, koperasi tentunya juga dapat memajukan dan melebarkan atau meluaskan usahanya, mempertahankan eksistensi, serta dapat bersaing dengan badan usaha lainnya yang kini telah  marak merajai dunia bisnis dan menjadi pesaing berat koperasi.

Mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat memang tidak mudah. Di samping cara berpikir setiap orang berbeda-beda, masalah lain dalam mensosialisasikan koperasi adalah karena terbatasnya pengurus koperasi. Hal ini adalah hal utama yang harus diperhatikan. Kita membutuhkan pengurus koperasi yang dapat meyakinkan masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Tidak hanya pengurus koperasi yang handal yang dapat mensosialisasikan koperasi dengan ide-ide kreatifnya, namun komitmen koperasi dalam mengambil atau memikat hati masyarakat sangat dibutuhkan. Komitmen yang harus dipegang teguh oleh koperasi adalah bagaimana cara mereka untuk mensejahterakan masyarakat? Untuk mensejahterakan masyarakat itulah kita membutuhkan kepercayaan masyarakat untuk ikut serta bergabung dengan koperasi. Dengan demikian, bukan tidak mudah koperasi dapat merealisasikan tujuan koperasi untuk mensejahterakan masyarakat.

Kita juga bisa memanfaatkan mengglobalisasinya dunia dalam memperkenalkan koperasi, yaitu dengan memanfaatkan adanya internet. Kenapa ? karena di zaman yang sekarang ini, hanya dengan satu klik akan muncul berbagai macam informasi, termasuk koperasi. Dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat.

Selain itu bisa juga dengan membuat hasil karya sendiri (handmade) lalu mempromosikan melalui koperasi akan membantu masyarakat mengenal lebih koperasi. Karena di koperasi harga yang dijual cenderung lebih terjangkau. Selain dikenal dengan cara ini bisa juga koperasi mendapat kepercayaan untuk membantu penjualan barang jualan anggota-anggotanya.

Apa sih yang sebenarnya kita harapkan setelah kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai koperasi? keberhasilan, yaa keberhasilan tentunya. Keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat agar mau bergabung dengan koperasi. keberhasilan dalam mengambil hati masyarakat untuk cinta dan minat terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi. keberhasilan selanjutnya adalah keberhasilan mengambil kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan dan komitmen koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan koperasi dalam meningkatkan integritas koperasi di masa yang akan datang. Keberhasilan koperasi dalam menyebarluaskan koperasi ke pelosok tanah air, sehingga siapapun termasuk golongan ekonomi rendah dapat bergabung dan merasakan betapa besarnya dampak positif yang dihasilkan oleh koperasi bagi masyarakat dan koperasi itu sendiri.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: